Uncategorized

Cara dan Bahan Alami Untuk Membuat Kulit Wajah Cerah dan Segar Alami

Wanita mana yang tidak ingin memiliki kulit wajah cerah? Kulit wajah yang cerah dan segar dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Namun seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami banyak perubahan kadar hormon yang memicu perubahan warna kulit, jerawat, dan bintik-bintik gelap. Selain itu, faktor eksternal seperti paparan matahari, serta polusi dan bahan kimia di lingkungan sehari-hari juga dapat menyebabkan “sinar” kulit berkurang.

Memang kebanyakan wanita mengandalkan kosmetik untuk Mencerahkan kulit wajah mereka. Tapi penting untuk diketahui bahwa beragam produk kosmetik pencerah wajah yang beredar di pasaran sebagian besar komposisinya terdiri dari bahan kimia.

Dengan kata lain, produk-produk itu bisa saja berbahaya bagi kulit apalagi jika digunakan secara berkepanjangan. Jika produk berhenti digunakan, terkadang menyebabkan kulit tampak kusam dan muncul banyak jerawat karena kulit sudah ketergantungan pada produk tersebut.

Ketimbang menggunakan kosmetik pencerah yang kandungannya bahan kimia, sebetulnya Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk membuat kulit wajah cerah dan segar. Menemukannya pun tak susah karena kita sering menemukannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut 9 bahan alami untuk membuat kulit wajah cerah dan segar beserta cara menggunakannya:

1. Lemon

Lemon telah lama dikenal sebagai bahan alami yang bagus untuk mencerahkan wajah. Berbagai produsen kosmetik pun seringkali menggunakan ekstrak lemon dalam produk yang dikhususkan untuk memutihkan dan mencerahkan wajah.

Buah sitrus, terutama lemon, memiliki sifat asam yang bekerja sebagai pemutih alami serta sifat antioksidan potensial berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Ketika diaplikasikan secara topikal pada kulit, air lemon dapat menjadi bahan alami yang efektif untuk mencegah Hiperpigmentasi serta mengatasi bintik-bintik gelap dan bekas jerawat.

Celupkan bola kapas ke dalam air perasan lemon segar dan oleskan langsung di wajah. Anda juga dapat menggosokkan potongan lemon langsung ke area kulit wajah yang gelap. Biarkan selama setidaknya satu jam, kemudian bilas dengan air bersih.

Perawatan kulit dengan lemon dapat dilakukan 3 hingga 4 kali dalam seminggu. Saat mengaplikasikan lemon, pastikan kulit wajah tidak sedang memiliki luka terbuka seperti jerawat yang meradang. Sifat asam pada lemon dapat menyebabkan perih pada luka di kulit. Selain itu, umumnya lemon tidak cocok untuk kulit sensitif.

2. Susu

Susu mengandung asam laktat yang baik untuk mengelupas kulit dan mempromosikan pembaharuan sel kulit. Kandungan asam amino dan enzim di dalamnya juga dapat membantu meningkatkan retensi air dan kelembaban kulit.

Bersihkan wajah dengan air hangat tanpa menggunakan sabun. Tuangkan susu ke dalam mangkuk lalu rendam waslap khusus wajah. Peras dan tempelkan waslap tersebut ke wajah selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dan tepuk-tepuk wajah menggunakan tangan atau handuk bersih hingga kering.

Perawatan kulit menggunakan susu dapat dilakukan 3 hingga 4 kali dalam seminggu. Jika tidak ingin repot menggunakan waslap, cukup tuang sedikit susu ke kapas lalu aplikasikan ke wajah. Setelah didiamkan selama 15 menit, bilas wajah hingga bersih.

3. Yogurt

Yogurt memiliki nutrisi-nutrisi yang dimiliki susu. Mulai dari kandungan asam laktat yang membantu melembabkan kulit, kalsium yang membantu menyembuhkan kulit kering dan bersisik, hingga sifat astringen yang membantu mengencangkan pori-pori. Plus, kandungan bakteri baik, probiotik, dalam yogurt secara aktif membantu mengatasi infeksi bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat.

Mengonsumsi yogurt sebagai bagian dari pola makan sehari-hari disarankan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan yang pada akhirnya mempromosikan kesehatan kulit yang lebih baik. Jika secara khusus Anda ingin mengunakan yogurt untuk meningkatkan tampilan kulit wajah, gunakan yogurt sebagai bagian dari perawatan kulit sehari-hari.

Caranya cukup mudah. Aplikasikan yogurt ke beberapa titik wajah. Lalu, ratakan dan pijat wajah dengan lembut selama beberapa menit. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air hangat. Perawatan ini dapat dilakukan setiap hari agar hasilnya semakin cepat terlihat.

4. Madu

Kandungan antibakteri dalam madu dapat membantu meringankan peradangan, seperti pada kulit yang berjerawat. Selain itu, madu juga mengandung antioksidan yang menawarkan perlindungan dari sinar ultraviolet yang dapat merusak sel-sel kulit dan memperlambat proses penuaan. Ditambah sifat pemutih alaminya membuat madu bagus untuk menyamarkan noda bekas jerawat dan bintik-bintik di wajah.

Ada berbagai cara menggunakan madu untuk mencerahkan kulit wajah. Yang paling sederhana, cukup oleskan madu murni ke wajah secara merata, biarkan selama beberapa menit. Lalu bersihkan madu yang mulai mengering di wajah dengan air hangat. Cara ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati, sekaligus membuat kulit wajah lebih cerah dan lebih segar daripada sebelumnya.

Tapi tentunya Anda harus melakukan perawatan madu ini secara teratur jika ingin memperoleh hasil yang maksimal. Untuk memperkuat sifat pemutih alaminya, Anda dapat mengkombinasikan satu sendok teh madu dan satu sendok teh air lemon. Campuran kedua bahan tersebut diaplikasikan ke wajah sebagai masker. Biarkan masker selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

5. Pepaya

Pepaya dikemas dengan enzim yang tak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga untuk kulit. Enzim dalam pepaya yang membuat kulit lebih sehat adalah papain. Enzim ini memiliki sifat mencerahkan kulit dengan mengurangi tampilan flek hitam dan bekas jerawat. Karena memiliki sifat antiradang, pepaya juga dapat membantu meringankan peradangan akibat kondisi kulit lain seperti rosacea dan eksim.

Mengonsumsi pepaya dapat membantu menutrisi kulit dari dalam. Untuk memperbaiki tampilan luar kulit, pepaya juga dapat digunakan sebagai bagian dari perawatan kulit.

Hancurkan pepaya matang untuk dijadikan masker. Anda juga bisa menambahkan air perasan lemon segar. Aplikasikan dan pijat masker secara merata ke seluruh wajah hingga leher. Biarkan masker selama minimal 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Anda dapat melakukan perawatan ini sekali dalam seminggu.

6. Mentimun

Mentimun mengandung enzim, vitamin, dan mineral yang menjadi faktor kunci untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tubuh. Di dalamnya juga terdapat kandungan antioksidan yang menawarkan banyak manfaat, diantaranya meningkatkan hidrasi, menurunkan gula darah, melancarkan pencernaan, dan membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, mentimun juga menawarkan beberapa manfaat baik untuk kulit, termasuk mencerahkan kulit yang kusam. Efek mendinginkan dari mentimun tidak berpotensi mengiritasi kulit sehingga cocok untuk berbagai jenis kulit, dan bahkan aman untuk digunakan pada area kulit yang halus, seperti di sekitar mata dan bibir. Karenanya, irisan mentimun sering digunakan untuk meredakan mata panda.

Mendapatkan wajah cerah dengan mentimun dapat dilakukan dengan mudah. Tempatkan irisan mentimun di area kulit yang gelap. Biarkan selama beberapa menit dan angkat, lalu bilas wajah dengan air hangat. Cara sederhana ini dapat dilakukan 1 hingga 2 kali dalam sehari.

7. Tomat

Tomat memiliki kandungan likopen yang sangat tinggi. Ketika masuk ke dalam tubuh, likopen diubah menjadi vitamin A atau retinol oleh tubuh. Retinol berperan dalam memperlambat proses penuaan berkat cara kerjanya yang membantu meningkatkan produksi kolagen dan melatonin, di mana keduanya memegang peranan dalam menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Masker tomat pun dapat memperbaiki warna kulit yang tidak merata. Caranya, haluskan tomat dengan blender, lalu aplikasikan ke seluruh area wajah, kecuali area sekitar mata. Setelah 15 menit, bilas masker dengan air dingin. Tepuk-tepuk wajah menggunakan handuk bersih hingga kering. Perawatan ini cukup dilakukan 2 kali dalam seminggu.

Masker tomat juga bagus bila dikombinasikan dengan bahan pencerah alami lainnya seperti lemon, madu, dan susu. Perpaduan bahan-bahan tersebut dapat menciptakan efek cerah yang maksimal dan kulit wajah semakin ternutrisi.

8. Oatmeal

Salah satu penyebab kulit wajah terlihat tidak cerah adalah penumpukan sel-sel kulit mati. Karena itu, sel-sel kulit mati itu perlu dieksfoliasi atau “dikelupas.” Tak perlu sering, Anda hanya perlu melakukannya setiap 1 atau 2 kali dalam seminggu.

Oatmeal adalah salah satu agen eksfoliasi alami yang efektif untuk mengelupas sel-sel mati yang menumpuk di wajah. Ketimbang scrub wajah yang beredar di pasaran, oatmeal efektif mengeksfoliasi dengan tetap melembutkan kulit.

Anda dapat membuat masker oatmeal dicampur dengan bahan pencerah kulit lain. Seperti madu, air lemon, dan yogurt. Buatlah masker dengan tekstur kental. Lalu oleskan merata ke wajah. Setelah 20 menit, bilas dengan air dingin. Sambil melakukan pembilasan, gosok dengan lembut agar oatmeal dapat mengelupas sel-sel kulit mati di wajah secara optimal.

9. Lidah Buaya

Hiperpigmentasi adalah salah satu penyebab umum warna kulit yang tidak merata. Jika Anda mencari solusi alami untuk masalah ini, gel lidah buaya bisa menjadi solusinya. Gel ini terdiri dari air dan nutrisi-nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, lignin, asam salisilat, dan asam amino.

Jika Anda menanam lidah buaya di rumah, potong lapisan terluar daun lidah buaya dan ambil bagian gel di dalamnya yang bertekstur seperti jelly. Aplikasikan gel ke wajah secara menyeluruh. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas. Perawatan ini dapat dilakukan 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Sekarang ini banyak produk gel lidah buaya yang dengan mudah dapat dibeli di toko obat atau Kecantikan. Produk ini dapat menjadi pilihan jika Anda tidak menanam lidah buaya di rumah. Tapi pilihlah produk lidah buaya dengan kandungan gel lidah buaya lebih dari 90%.

Ketika Anda menggunakan produk gel lidah buaya, baiknya lakukan pengujian terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit gel pada siku bagian dalam. Tunggu selama 2 jam. Jika muncul reaksi, lebih baik cari alternatif produk lain. Atau cari bahan pencerah alami yang lebih mudah ditemukan seperti susu, madu, mentimun, dan tomat.

Kandungan dari bahan-bahan di atas efektif untuk mencerahkan kulit wajah. Hanya saja, hasilnya tidak bisa instan sehingga dibutuhkan kesabaran dan konsistensi untuk hasil maksimal. Selain itu, perawatan kulit dengan bahan pencerah alami sebaiknya diimbangi dengan pola makan yang sehat dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur, tidur yang cukup, dan olahraga secara teratur. Dengan begitu, Anda tak hanya memiliki kulit wajah yang cerah dan segar, tapi juga sehat secara keseluruhan.

6 comments to Cara dan Bahan Alami Untuk Membuat Kulit Wajah Cerah dan Segar Alami

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*