Uncategorized

9 Kunci Sukses Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

Kesehatan merupakan sebuah anugerah yang diberikan oleh Tuhan dan sudah sepatutnya untuk dijaga. Jika tubuh merasa sakit, maka segala aktivitas akan terganggu dan membuat kita tidak nyaman bahkan bisa mempengaruhi kondisi psikis. Oleh karena itu, sebagai seorang manusia kita wajib untuk memelihara kesehatan demi mendapatkan kehidupan yang bahagia dan panjang umur. Sebab, kita pasti tak ingin kehilangan waktu bersama dengan orang-orang yang kita cintai.
Menjaga Kesehatan Tubuh bagi Wanita
Menjaga kesehatan harus dilakukan baik pria maupun wanita. Namun dilihat dari beberapa segi, cara menjaga kesehatan antara pria dan wanita tentunya berbeda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh faktor anatomi tubuh, khususnya untuk masalah kesehatan alat reproduksi, dan perbedaan lainnya disebabkan oleh faktor usia. Beberapa penyakit yang rawan diderita oleh wanita terkait alat reproduksi yaitu kanker payudara dan kanker serviks. Kedua penyakit tersebut menjadi mimpi buruk bagi para wanita karena mampu merenggut nyawa mereka.
Dengan demikian, untuk menghindari kedua penyakit membahayakan tersebut beserta penyakit-penyakit lainnya, wanita haruslah menjaga kesehatan tubuh mereka. Terlebih lagi di usia 40-an hormon estrogen pada wanita mengalami penurunan, sehingga menurun pula stamina pada wanita. Berikut adalah 9 tips bagi wanita untuk menjaga kesehatan tubuh mereka.

Inilah 9 Kunci Sukses Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

Wanita memang dikenal dengan sesosok makhluk hidup yang memiliki daya tahan tubuh lebih kuat dan usia lebih panjang dibandingkan kaum pria. Namun tetap saja wanita harus menjaga kesehatan mereka. Bahkan kesehatan yang terjaga tersebut mampu membuat kecantikan alaminya tetap terpancar. Karena wanita dari segala usia tetap ingin terlihat cantik bukan?
Jadi, Anda sebagai wanita diharuskan peduli terhadap kesehatan dan berusaha sebaik mungkin untuk merawat kecantikan. Lalu bagaimana cara suksesnya agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari segala penyakit yang dapat mengancam? Berikut adalah cara-cara yang patut Anda tiru:

1. Menjaga Kesehatan Dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Cara pertama yang menjadi kunci sukses untuk memelihara kesehatan pada wanita adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini terutama sebagai upaya pencegahan dalam menghindari risiko terkena kanker payudara. Sebaiknya Anda terapkan cara ini di dalam kehidupan sehari-hari agar Sel Kanker tidak mengalami pertumbuhan secara tidak wajar.

Pola hidup sehat bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayur-sayuran hijau, biji-bijian, ikan, dan buah-buahan. Sayur seperti bayam, selada, dan brokoli yang memiliki kandungan serat tinggi ini juga memiliki kandungan sulforaphane yang sangat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker serta memeranginya.

Sedangkan sayur seperti buncis, serta buah-buahan seperti pir, anggur dan jeruk adalah makanan sehat yang mampu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh dan mengurangi produksi zat estrogen yang merupakan pemicu dari tumbuhnya sel kanker. Adapula biji-bijian atau kacang-kacangan yang baik untuk memelihara kesehatan payudara, terutama adalah kacang kedelai.

Salah satu zat penting di dalam kacang kedelai ini adalah genisten, merupakan suatu zat yang mampu mengikat reseptor payudara dan menghentikan pertumbuhan tak normal dari sel kanker. Kedelai bisa dikonsumsi dengan berbagai variasi, namun Anda tetap harus ingat bahwa pengolahannya juga perlu diperhatikan. Usahakan untuk tidak mengonsumsinya dalam bentuk gorengan, karena zat karsinogen di dalamnya justru dapat menimbulkan kanker.

Lalu untuk jenis ikan, ada baiknya Anda mengkonsumsi ikan-ikan laut yang kaya akan omega 3 seperti ikan tuna, salmon, sarden, dan makarel. Kandungan omega 3 yang ada di dalam ikan-ikan tersebut berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindunginya dari risiko kanker.

2. Jagalah Kesehatan Dengan Memperhatikan Berat Badan Serta Terapkan Diet Sehat

Cara selanjutnya demi menjaga kesehatan bagi kaum wanita adalah dengan selalu memperhatikan berat badan. Hal ini bukan berarti Anda harus panik ketika mengalami kenaikan berat badan sedikit saja, karena wanita hakekatnya tidak ingin terlihat gemuk, meskipun pada kenyataannya tidak demikian.

Memperhatikan berat badan yang dimaksud adalah sebisa mungkin Anda menjaga berat badan Anda untuk tetap normal dan ideal. Tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Wanita biasanya akan langsung merasa depresi ketika tubuhnya menggemuk sedikit, dan justru akan merasa bangga ketika tubuhnya kurus. Hal ini sepenuhnya salah. Wanita tetap membutuhkan lemak di dalam tubuhnya, jadi berat badan yang harus dijaga adalah berat badan yang ideal, bukanlah berat badan ringan yang menjadikan Anda tampak kurus dan tidak sehat.

Sedangkan kondisi terlalu gemuk juga tidak dibenarkan dalam upaya menjaga kesehatan tubuh. Apalagi kegemukan tersebut sudah masuk dalam kategori obesitas. Obesitas merupakan sebuah kondisi dimana seluruh bagian tubuh mengalami kelebihan lemak, sehingga dapat mengganggu kebebasan gerak, serta mampu berpeluang terserang penyakit seperti penyakit jantung.

Untuk menghindari masalah obesitas dan kekurangan berat badan, Anda harus memperhatikan apa saja yang Anda konsumsi sesuai dengan berat tubuh Anda. Oleh karena itu, mulailah untuk melakukan Diet sehat. Diet sehat tidak hanya berguna bagi wanita yang mengalami kegemukan, tapi juga wanita yang mengalami kekurangan berat badan. Konsumsilah makanan-makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan ikan-ikanan. Hindari makanan dan cemilan yang tidak sehat dan mengandung banyak MSG, bahan pengawet, pewarna buatan serta pemanis buatan.

3. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Langkah selanjutnya dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga ini juga bisa menjadi penyeimbang bagi Anda yang sedang melakukan diet. Aktivitas fisik seperti olahraga ini mampu membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar, karena metabolisme di dalam tubuh menjadi lancar, aliran darah juga berjalan lancar, detak jantung menjadi lebih sehat, serta keringat yang dihasilkan mampu mengeluarkan toksin dan racun dari dalam tubuh.

Ada berbagai olahraga yang bisa Anda lakukan sesuai dengan kemampuan. Anda tidak harus melakukan semua olahraga demi mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Jika Anda merupakan wanita karir yang memiliki waktu sempit untuk melakukan olahraga berat, maka Anda bisa menyisihkan waktu paling tidak 15 menit untuk jogging atau berlari di atas treadmill. Namun bagi Anda yang memiliki waktu yang cukup luang, Anda bisa mengikuti senam aerobik ataupun renang yang sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung.

4. Hindari Mengonsumsi Rokok dan Minuman Beralkohol

Mengonsumsi rokok dan minuman beralkohol memang lebih identik oleh kaum pria. Tetapi tak jarang pula wanita yang mengonsumsi kedua bahan adiktif ini. Kebanyakan alasan yang dikemukakan adalah bahwa rokok dan alkohol bisa meredam dan meredakan stres. Hal ini justru salah. Dilihat dari sisi agama pun, kedua benda tersebut termasuk haram karena efeknya dapat merusak diri sendiri.

Wanita justru lebih rentan terkena efek yang membahayakan dari pengonsumsian rokok dan alkohol. Apalagi bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui. Rokok mengandung zat nikotin yang mampu menimbulkan kanker dan akan sangat membahayakan bagi payudara dan rahim yang merupakan alat reproduksi wanita. Alkohol juga sama bahayanya. Mengonsumsi alkohol paling tidak 2 gelas per hari saja mampu membuat Anda mengalami risiko gangguan kesehatan payudara sebesar 21% dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

5. Jaga Kesehatan Diri Dengan Mengatur Tingkat Stres

Wanita biasanya lebih rentan untuk terkena stres. Hal ini dikarenakan terlalu banyak beban pikiran yang dipikirkan oleh wanita. Namun beban pikiran yang over tersebut tentunya tidak baik bagi kesehatan wanita jika dilakukan berulang-ulang. Usahakan untuk selalu mengatur stres Anda agar tidak mengganggu kesehatan.

Solusinya yakni carilah suatu hal yang bisa menghindarkan Anda dari stres setiap harinya. Bisa dengan mengonsumsi makanan pembangkit mood seperti coklat maupun es krim, tapi ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Atau bisa juga dengan mendengarkan musik, berolahraga, menonton film, atau bertemu dengan teman-teman. Salah satu pereda stres terbaik adalah dengan berlibur. Jadi, luangkan waktu kosong Anda untuk berlibur ke suatu tempat bersama kawan-kawan atau keluarga untuk mengatasi masalah stres Anda.

6. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Berlebihan

Wanita biasanya lebih suka memakai pakaian yang mengekspos kulit mereka. Nah, hal ini justru akan sangat berbahaya bila mereka terlalu sering memakai pakaian terbuka. Mengapa berbahaya? Karena pakaian yang terlalu terbuka akan membuat kulit Anda banyak terkena paparan sinar matahari. Terkena paparan sinar matahari tanpa perlindungan kulit akan membuat Anda lebih rentan terkena risiko penyakit kanker kulit.

Disarankan bagi Anda untuk rutin mengaplikasikan cream pelindung sinar ultraviolet yang mengandung sun protection factor (SPF) saat Anda ingin bepergian atau berada di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, hindari pula pakaian yang terlalu terbuka demi melindungi kulit Anda, meskipun Anda telah memakai pelindung sinar ultraviolet. Mulailah waspada terhadap kesehatan diri Anda sendiri. Segera periksakan apabila mulai timbul tanda-tanda seperti perubahan bentuk maupun warna pada kulit, munculnya bintik-bintik maupun kemerahan pada kulit, serta gejala-gejala tak wajar lainnya.

7. Cek Kesehatan Payudara

Hal yang tak boleh ketinggalan bagi wanita dalam menghindarkan terkena risiko kanker payudara adalah dengan memeriksa keadaan payudara itu sendiri. Pemeriksaan dini ini pun dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa harus datang ke dokter maupun rumah sakit. Bagi Anda wanita dengan usia produktif di atas 20 tahun, maka Anda harus mulai mendeteksi gejala-gejala dari kanker payudara.

Anda pun harus tahu betul mengenai keadaan normal dari payudara. Salah satu gejala awal paling umum dari kanker payudara adalah munculnya benjolan pada daerah di sekitar payudara. Jika Anda memiliki gejala tersebut atau ada perubahan lainnya dari payudara, maka segera periksakan dan pastikan penyakit tersebut ke dokter.

8. Hindari Begadang Dan Tidur Terlalu Malam

Salah satu kondisi yang sering terjadi pada zaman sekarang yang mampu mengganggu kesehatan adalah kebiasaan begadang dan tidur malam. Jika dilakukan setiap hari, maka kebiasaan ini akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Bahkan Anda dapat mengalami gangguan mood hanya dikarenakan kurang tidur.

Begadang akan membuat badan Anda bekerja ekstra di malam hari, di waktu yang seharusnya digunakan untuk mengistirahatkan tubuh dari segala aktivitas yang telah dilakukan seharian. Oleh karena itu, hindarilah begadang dan tidur terlalu malam agar Anda mendapatkan kesehatan tubuh yang maksimal.

9. Rutin Periksakan Kesehatan Diri Ke Dokter Maupun Instansi Kesehatan

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan memeriksakan diri secara rutin ke dokter maupun instansi kesehatan. Anda tidak harus melakukannya setiap hari, tapi sediakanlah waktu paling tidak 6 bulan sekali untuk memeriksakan keseluruhan kondisi tubuh.

Anda bisa memeriksakan kesehatan mulai dari tekanan darah, kadar gula dalam darah, kadar kolesterol, dan pemeriksaan kesehatan lainnya. Pemeriksaan rutin secara berkala ini diharapkan mampu membuat Anda tetap waspada dari segala ancaman penyakit yang dapat menyerang.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*