Uncategorized

13 Tips Langkah Memulai Kesuksesan dalam Berbisnis

1. Bulatkan Niat

Ketika memulai berbisnis tanpa niat yang jelas atau hanya iseng saja, maka pencapaian hasil akhirnya tidak akan maksimal dan dapat dipastikan Anda akan lebih mudah menyerah di tengah jalan. Berbeda dengan yang dari awal sudah membulatkan niatnya untuk berbisnis dengan kuat, pasti hasilnya akan lebih maksimal dan tidak mudah menyerah. Dari sinilah dapat diambil kesimpulan bahwa niat bisa menentukan kesuksesan dalam besbisnis.

2. Fokus pada Satu peluang Bisnis

Fokus menjadi salah satu kunci sukses berbisnis untuk pemula, karena nantinya Anda akan mencurahkan semua tenaga dan pikiran pada satu bisnis. Salah satu penyebab gagalnya pebisnis pemula adalah mereka terlalu memiliki banyak bisnis sehingga pikirannya terpecah-pecah ke bisnis yang lainnya. Memang memiliki banyak bisnis tidak dilarang, namun bisnis yang Anda jalankan haruslah sudah bisa berjalan sendiri. Jika bisnis tersebut sudah bisa berjalan sendiri tanpa Anda terlibat terlalu banyak, barulah Anda bisa membuat bisnis baru yang lain.

3. Mulai Dari yang Disukai


Dalam melakukan apapun juga, jika kita menyukai apa yang kita lakukan, maka kita akan melakukannya dengan sepenuh hati. Bukan karena paksaan sehingga bisa lebih maksimal. Segala pekerjaan jika digeluti dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal, karena itulah banyak pekerjaan – pekerjaan yg tidak umum pada saat ini. Namun bagi kamu yang bercita-cita menjadi pengusaha, jangan memulai bisnis hanya karena melihat untung yang besar, terlihat keren, atau karena disuruh. Biasanya, hal yang baik untuk dilakukan ketika memulai bisnis adalah, berdasarkan hobi. Jika hobi kamu adalah fotografi, kamu bisa mulai menjual perlengkapan kamera. Dengan begitu, hobi kamu terpuaskan dan mimpi membuka usaha pun tercapai.

4. Kuasai segalanya tentang bisnis kamu

Di awal memulai bisnis, umumnya jarang ada investor yang berani menaruh uangnya disana. Namun kesempatan itu bisa datang kapanpun, jadi kamu harus kuasai betul segalanya tentang bisnis yang kamu geluti dan selalu siap menjelaskan dengan sejelas-jelasnya. Hal ini dimaksudkan agar kamu dapat membuat investor yakin bahwa ia menaruh uangnya di tangan yang tepat, yaitu kepada kamu, orang yang paling paham tentang bisnis ini. 

5. Promosi Secara Tepat


Memulai bisnis tanpa melakukan promosi, tentunya bisnis tidak akan mudah berkembang dan tidak bisa dikenal banyak konsumen. Sekarang ini promosi menjadi hal yang wajib dilakukan, apalagi untuk bisnis yang baru dirintis. Karena selain produk lebih dikenal, manfaat lain dari promosi secara tepat adalah bisa meningkatkan penjualan, menarik minat konsumen, dan menunjukkan kualitas produk. Anda bisa mulai melakukan promosi melalui media Internet.

6. Manfaatkan Social Media

Bisnis saat ini jika tidak memiliki social media yang aktif rasanya ada yang kurang. Apalagi saat ini jaringan Internet sudah mudah diakses oleh siapapun. Social media sekarang ini memiliki peran penting dalam strategi bisnis, baik bisnis skala kecil atau yang sudah besar. Selain melakukan promosi kepada follower social media, Anda juga bisa berkomunikasi 2 arah dengan semua konsumen, sehingga Anda lebih mudah mendapatkan feedback yang bisa dijadikan acuan untuk memajukan bisnis lebih baik lagi kedepannya.

7. Lakukan Hal yang Unik dan Menarik

Pada dasarnya konsumen memiliki sifat mudah bosan terhadap suatu produk. Maka Anda sebagai pebisnis harus melakukan inovasi hal-hal unik yang bisa membuat konsumen Anda loyal, jangan sampai konsumen beralih menggunakan produk pesaing. Alasan lainnya adalah agar bisnis bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, sehingga konsumen akan merasa puas dengan produk Anda. Namun perlu dicatat, bahwa bukan hanya keunikannya saja, tetapi kebutuhan dari konsumen yang paling utama harus terpenuhi terlebih dahulu.

8. Kerja Sama Tim dengan baik dan jujur

Kerja sama tim yang kuat juga menjadi salah satu faktor penting, apalagi ini adalah bisnis yang baru dirintis. Kalau bisa dalam pemilihan anggota tim, cobalah pilih tim yang memiliki mental baja dan tidak mudah putus asa. Karena namanya merintis pasti akan banyak cobaan dan halangan yang harus dilalui. Jika bisnis Anda berkolaborasi dengan teman, maka cobalah bagi tugas antar anggota yang jelas dan selalu lakukan evaluasi berkala supaya kedepannya semakin lebih baik lagi.

9. Belajar dari Kegagalan

Setiap orang pastinya pernah melakukan kesalahan, apalagi dalam berbisnis kesalahan menjadi salah satu hal yang wajar. Apalagi jika Anda masih pemula dalam berbisnis, Anda harus banyak belajar dari kesalahan yang pernah diperbuat. Jangan pernah malu untuk mengakui kesalahan, karena kesalahan akan meningkatkan kemampuan jika Anda mau belajar bagaimana memecahkan solusinya. Bila perlu kesalahan yang pernah dibuat dicatat, sehingga nanti sewaktu akan bertindak bisa dijadikan acuan agar tidak melakukan kesalahan lagi.

10. Menerima Kritik & Saran dari Konsumen

Seorang pebisnis yang sukses, dia akan menganggap kritik dan saran adalah guru yang bisa membimbing menuju jalan kesuksesan. Jika menerima kritik dan saran artinya bisnis Anda masih memiliki banyak kekurangan, jangan merasa Anda seakan-akan diserang oleh para konsumen. Justru Anda harus berterima kasih kepada konsumen yang sudah memberikan kritik dan saran, karena itu menjadi bentuk kepedulian konsumen terhadap bisnis Anda agar lebih baik.

11. Kerja Keras & Pantang Menyerah

Untuk meraih kesuksesan mungkin tidak semudah yang dibayangkan, dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan mulai dari waktu, tenaga, dan pikiran. Jika Anda dari awal membangun bisnis hanya santai-santai saja, maka kesuksesan akan lama tercapainya atau bahkan malah terjadi kegagalan di tengah jalan. Bisa dikatakan bahwa hasil yang Anda dapatkan akan berbanding lurus dengan usaha yang Anda lakukan, semakin besar usaha Anda semakin besar pula kesuksesan yang akan Anda dapatkan.

12. Kelola Keuangan Dengan baik

Dalam sebuah bisnis yang sudah berjalan dengan lancar, tetapi memiliki pengelolaan keuangan yang buruk, maka bisa dipastikan bisnis akan sulit berkembang, lebih parahnya lagi bisnis bisa mengalami kegagalan. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, maka bisa membantu perencanaan keuangan bisnis ke depan dengan baik, sehingga tidak mengeluarkan banyak uang yang tidak begitu penting.


13. Tahu kapan harus berhenti berusaha

Seorang kapten yang bijak tidak akan tenggelam bersama kapalnya. Itulah pepatah yang menjelaskan bahwa seorang yang bijak adalah orang yang tahu kapan harus berusaha dan kapan harus berhenti. Berhenti berusaha tidak selalu bentuk dari menyerah, terkadang ada hal-hal yang memaksa kamu untuk berhenti, jika tidak kamu akan semakin terpuruk. Demikian juga dalam merintis bisnis. Terkadang, bisnis yang kita mulai tidak membawa kamu kepada kesuksesan, melainkan malah membuat kamu menajdi terpuruk. Ketika situasi itu datang, maka kamu harus tahu kapan harus berhenti. Bersikap bijaksana dan peka terhadap keadaan akan membantu kamu untuk terhindar dari keterpurukan.

2 comments to 13 Tips Langkah Memulai Kesuksesan dalam Berbisnis

  • Michael

    Wah Terima kasih admin .. saya jadi termontifasi untuk memulai berbisnis

    Reply
    • Gulya

      oh ya semoga anda bisa mengawali bisnis anda dengan mudah.. Semangat !!!

      Reply

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*